SELAMAT DATANG DAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN KE WEBSITE KAMI

Minggu, 14 Oktober 2018

5 Keyakinan yang tetap diyakini meskipun dianggap keliru

NuansaBerita9 - Ilmu pengetahuan yang masih banyak belum kita ketahui tentang kebenaran nya tetapi masih kita yakini dan dianggap benar meskipun salah pembuktiannya.

Masyarakat termasuk Anda mungkin pernah mendengar, air dapat menghantarkan listrik atau warna merah bisa membuat banteng marah. Ya, dua di antara banyaknya hal yang terkait dengan ilmu pengetahuan tersebut ternyata beberapa dari mereka ada yang tidak tepat dan kita tidak mengetahuinya.

Keyakinan masyarakat terhadap ilmu pengetahuan memang tidak selalu salah, ilmuwan hanyalah manusia yang meskipun pintar tetap saja pernah melakukan kesalahan, termasuk dalam penemuannya. Berikut ilmu pengetahuan yang selama ini kita anggap tau dan yakin akan kebenarannya ternyata sebuah kekeliruan:

1. Banteng benci warna merah.
Masyarakat tahunya banteng benci warna merah dari ilmu pengetahuan, karena saat banteng melihat jubah warna merah dikibaskan dia akan mengejarnya. Padahal, hewan ternak seperti sapi, kerbau, dan termasuk banteng adalah hewan yang buta warna, lantas mengapa mereka mengejar jubah?

ilustrasi photo

Ternyata ketika jubah dikibaskan mata banteng terkena debu-debu dan terpengaruh oleh gerakan jubah yang melambai serta berputar. Bukti lainnya, dalam acara matador lain, jubah yang digunakan tidak warna merah dan banteng pun tetap mengejarnya, sementara pemilihan warna merah tujuannya menyembunyikan percikan darah banteng pada jubah.

2. Rambut dan kuku terus tumbuh setelah mati.
Keyakinan masyarakat pada rambut dan kuku yang terus tumbuh setelah mati adalah salah. Pasalnya, ketika mati semua sistem pada tubuh terhenti, darah tidak lagi dipompa dan dialirkan, dan glukosa serta oksigen yang dibutuhkan sel-sel rambut dan kuku yang baru tumbuh pun tidak ada.

ilustrasi photo

Namun, penampakan yang membuat rambut dan kuku seakan tumbuh adalah kondisi kulit yang menyusut setelah mati, sehingga membuat kuku dan rambut yang dulunya ada di bawah kulit jadi tampak lebih panjang.

3. Lima indra manusia.
Adanya lima indra pada manusia seperti yang diajarkan guru-guru ini pun salah. Pasalnya, kelima indra tersebut hanyalah segelintir cara manusia merasakan sesuatu.

ilustrasi photo

Kendati demikian, ada empat buah indra tambahan yang disetujui secara umum, termasuk suhu, keseimbangan, indra tubuh yang membuat kita bisa berjalan tanpa menatap kaki, sinyal yang berguna memberitahu untuk berhenti melakukan sesuatu karena menyakitkan.

4. Butuh 7 tahun untuk mencerna permen karet.
Sebagian orang pernah mendengar bahkan meyakini permen karet yang tertelan baru akan tercerna selama tujuh tahun, anggapan ini salah, karena permen karet tetap tercerna seperti makanan pada umumnya, hanya saja lebih lambat daripada kebanyakan makanan.

ilustrasi photo

5. Air menghantarkan listrik.
Anggapan ini tidak benar alias salah karena air tidak semua bisa menghantarkan listrik. Air bersih, seperti air keran mengandung mineral dan kotoran saja yang bisa menghantarkan listrik, sementara air lainnya seperti air suling, air yang direbus, uap air atau uap yang terkondensasi tidak lagi mengandung kotoran, yang akhirnya tidak bisa menghantarkan listrik.

ilustrasi photo

Sudah jelas bukan ternyata yang selama ini kita anggap tau dan benar pengetahuan seperti artikel diatas ternyata keliru ya, pengetahuan seperti ini sudah turun temuran dan sudah dianggap benar oleh khalayak orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar